Wawasan Dasar Filosofi Dimensi Keyakinan, Pengetahuan, dan Tindakan

Wawasan
Muhammad Sabri Direktur Pengkajian Kebijakan PIP BPIP RI saat memberikan pemaparan.

Dapurrakyatnews – Penguatan Pembinaan Ideologi Pancasila, yang dilaksanakan oleh (BPIP) Badan Pembinaan Ideologi Pancasila terhadap jejaring Panca Mandala utusan Kabupaten/kota yang ada di Provinsi Jawa Timur, memasuki hari ketiga. Rabu (27/7/2022).

Muhammad Sabri Direktur Pengkajian Kebijakan PIP BPIP RI sebagai narasumber sesi pertama memberikan pemaparan tentang Pokok pokok pikiran didedikasikan untuk Penguatan Wawasan Ideologi Pancasila.

“Moh. Hatta pernah mengatakan jika meringkas spirit dari merdeka, Bersatu, berdaulat, adil dan Makmur, kita menemukan kata Bahagia,” katanya

Wawasan
Salah satu peserta Pardi Sukisno S.Pd., M.Pd dari Kesbangpol Sumenep saat sesi tanya jawab

Ia menambahkan, ada beberapa tugas negara diantaranya  melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia. Memajukan kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa, dan ikut melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi, dan keadilan sosial.

“Itu hanya bisa diraih dengan memancangkan Visi Negara-Bangsa Merdeka, Bersatu, berdaulat, adil dan Makmur sebagai Cita moral Pancasila,” tambahnya.

Menurut Mohammad Sabri, pesan kebahagiaan juga merembes ke sejumlah dokumen negara, yang dirancang oleh para pendiri bangsa.

“Antara lain terpatri dalam seruan moral  Kebangsaan Indonesia Raya 3 Stanza gubahan WR Soepratman.
Stanza I: Marilah kita berseru Indonesia Bersatu, Stanza II: Marilah kita mendoa Indonesia Bahagia, Stanza III: Marilah kita berjanji, Indonesia Abadi,” pungkasnya.

Tinggalkan Balasan