Berita  

Untuk Memperlancar Pendistribusian Tembakau Pemkab Situbondo Perbaiki Jalan Rusak

Situbondo

Dapurrakyatnews – Pemerintah Kabupaten Situbondo melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan, Pemukiman (DPUPP), melaksanakan perbaikan jalan rusak di Kecamatan Mangaran dan di Kecamatan Besuki Hingga Sumbermalang. Anggaran bersumber dari Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau (DBH-CHT). Senin. (13/11/2023).

Pelaksanaan pekerjaan perbaikan jalan tersebut dimulai beberapa pekan lalu, dan diharapkan akhir tahun 2023 ini sudah rampung, agar secepat mungkin manfaatnya bisa dinikmati oleh masyarakat dalam beraktifitas setiap hari.

Pemerintah Daerah Situbondo menggelontorkan anggaran sebesar Rp 3,7 miliar dari DBHCHT, untuk perbaikan jalan di Desa Widoro Payung, Kecamatan Besuki hingga Desa Baderan, Kecamatan Sumbermalang. Tidak hanya itu, anggaran tersebut juga digunakan untuk pemeliharaan jalan Kabupaten.

“Hal itu dilakukan dalan rangka untuk mempermudah arus lalu lintas kendaraan masyarakat, khususnya bagi petani tembakau,” terang Eko Prionggo Jati, Plt Kepala Dinas Pekerjaan Umum, dan Perumahan, Pemukiman ( DPUPP ) Situbondo.

Dari anggaran 3,7 miliar tersebut dibagi menjadi dua, yaitu Rp2,5 miliar untuk rekontruksi. Kemudian, Rp1,2 miliar di pakai untuk pemeliharaan jalan kabupaten,” tambahnya.

Situbondo

Ia menegaskan bahwa, pemkab Situbondo mengerjakan perbaikan jalan dengan anggaran yang bersumber dari DBH-CHT, digunakan seluruhnya untuk kepentingan masyarakat, terutama bagi para petani tembakau. Sehingga produksi tembakau yang sudah dipanen bisa lebih mudah, untuk dijual kepada pengepul maupun pedagang.

“Sesuai sumber keuangan yang diterima pemerintah dari DBH0CHT, maka uang tersebut dikembalikan kembali kepada masyarakat dalam bentuk perbaikan jalan,” ucapnya.

Menurutnya , perbaikan jalan ini penting dilakukan. Sebab bila akses jalan itu sudah layak, maka akan memudahkan para petani tembakau dan lainnya dalam menjual hasil panennya.

“Di wilayah barat Kabupaten Situbondo, merupakan wilayah terbanyak untuk petani tembakau. Jadi , Pemerintah Daerah Situbondo berkomitmen mendorong masyarakat petani tembakau agar lebih maju, hal itu dalam bentuk penyediaan akses jalan yang layak bagi petani,” pungkasnya.

Sebagai informasi, dimulainya pelaksanaan perbaikan jalan di berbagai wilayah Situbondo, Bupati H Karna Suswandi selalu turun tangan dalam melakukan pengawasan, secara langsung ke lokasi kegiatan.

Tinggalkan Balasan