Penguatan Pembinaan Ideologi Pancasila melalui Jejaring Panca Mandala

Penguatan

Dapurrakyatnews – (BPIP) Badan Pembinaan Ideologi Pancasila, mengadakan Penguatan Pembinaan Ideologi Pancasila (JPM) Jejaring Panca Mandala, yang diikuti oleh perwakilan seluruh Kabupaten/kota yang ada di Jawa Timur. Giat yang dimulai senin (24/7) siang, sampai dengan hari Kamis (28/7), di Hotel Grand Dafam jalan Kayun Surabaya Jawa Timur. Senin (25/7/2022).

Deputi bidang hubungan antar lembaga, sosialisasi, komunikasi, dan jaringan Ir. Prakoso, MM, dalam sambutannya secara virtual mengatakan jika JPM merupakan forum kolaborasi antara pemerintah Daerah dan Pemerintah Pusat.

“Juga terdapat kolaborasi antara Akademisi, Organisasi Kemasyarakatan, Pelaku Usaha dan Media yang terus akan bekerja bersama-sama dan bergotong royong melakukan program pembinaan ideologi Pancasila,” katanya.

Penguatan
Ir. Prakoso, MM Deputi bidang hubungan antar lembaga, sosialisasi, komunikasi, dan jaringan

Untuk bisa merawat pancasila maka tidak mungkin BPIP sendiri, karena generasi akan berganti seiring dengan waktu. Untuk Indonesia tetap kokoh berdiri, maka nilai nilai Pancasila harus kita sampaikan kepada seluruh warga Indonesia. Agar nilai nilai itu sebagai prinsip dasar Negara kita tetap utuh bersatu berdaulat adil dan makmur.

“Kita harus dukung mendukung terhadap pembinaan ideologi pancasila,” tambahnya.

Prakoso menambahkan jika anggota JPM selama 3 hari kedepan, akan diberikan oleh nara sumber dari pejabat BPIP. Mengenai bagaimana berkolaborasi bagaimana bersosialisasi terhadap pembinaan ideologi pancasila. Bagaimana pancasila inklusif menjadi membudaya. Karena Pancasila selain sebagai dasar negara, Pancasila juga sebagai pemersatu, Pancasila sebagai tujuan cita cita.

“Sehingga yang membedakan masyarakat Indonesia dengan masyarakat negara lain adalah tiap warga Indonesia ada Pancasila, ada toleransi, ada kemanuaian, ada persatuan, ada kerakyatan dan ada keadilan sosial. Oleh karena itu nilai nilai tersebut harus kita sampaikan terus menerus,” pungkasnya.

Sementara itu Kabupaten Sumenep dalam kegiatan yang dilaksanakan oleh BPIP, menghadirkan 5 orang untuk mengikuti program pembinaan ideologi pancasila melalui Jejaring Panca Mandala. Turut hadir kegiatan tersebut Elfrida Herawati Siregar, S.P., M.M., Direktur Hubungan Antar Lembaga dan Kerja Sama, serta R. Heru Wahono Santoso, S.sos, MM. Kepala Bakesbangpol Jawa Timur.

 

Tinggalkan Balasan