Berita  

Dugaan Kesalahan Data LPG 3 Kg , Ini Tindakan Didik

Lpg
Korwil LSM Penjara Indonesia, Dafid Hariyono bersama Didik saat berkoordinasi dengan pihak Diskoperindag

Dapurrakyatnews – Menindak lanjuti jawaban Kementerian ESDM Republik Indonesia, terkait masalah pelaporan kelangkaan LPG 3 Kg bersubsidi. Warga Asembagus Didik didampingi koordinator wilayah Jawa Timur LSM Penjara Indonesia, Dafid Hariyono mendatangi kantor Dinas Koperasi dan Perdagangan (Diskoperindag) Kabupaten Situbondo. Rabu. (16/8/2023).

Di kantor Diskoperindag, Didik bersama Dafid Hariyono langsung diterima Kadiskoperindag, Edy Wiyono, Ruben Pakilaran dan Imam Hairudin Bidang Pengembangan Perdagangan.

Menurut Didik , dirinya beberapa hari lalu melayangkan surat laporan ke Kementerian ESDM  terkait dugaan manipulasi sistem pendistribusian LPG 3 kg untuk masyarakat. Maksudnya, sistem atau data yang digunakan oleh para agen selama ini diduga tidak transparan.

“Pertanyaan saya, selama ini apakah Logbook yang disetor oleh pihak SPBE , datanya apa sudah sesuai dengan data dari agen dan juga pangkalan,” Kata didik

Jawaban dari Kementerian ESDM yang di kirim ke pihak Kabupaten, dan di jawab oleh Dinas Koperasi dan Perdagangan ( Diskoperindag ) sangat tidak memuaskan.

Lpg
Kepala Diskoperindag Kabupaten Situbondo, Edy Wiyono

Sementara itu, Kepala Diskoperindag Edy Wiyono menjelaskan jika pihaknya tidak memiliki kewenangan untuk intervensi terkait terjadinya kelangkaan penyaluran LPG 3 kg bersubsidi. Sebab Diskoperindag hanya sebagai anggota saja.

“Yang bertindak sebagai koordinator bidang pengawasan itu Asisten II pada Pemerintah Kabupaten dan Bidang Ekonomi ESDM,” jelas Edy Wiyono.

“Namun aspirasi dan solusi yang di sampaikan oleh Didik dan Dafid Hariyono akan kami bawa ke pimpinan, untuk di lakukan pembahasan,” tambahnya.

Di tempat yang sama, Dafid Hariyono meminta pada pihak Diskoperindag agar membawa aspirasi seorang warga Asembagus itu, ke tingkat yang lebih tinggi, agar ke depan tidak terjadi lagi adanya kelangkaan LPG 3 kg bersubsidi dan agar penyalurannya tepat sasaran.

“Bilamana sistem yang di gunakan sudah benar, maka para agen dan pangkalan akan bekerja sesuai aturan, selain itu kami yakin ke depan masyarakat situbondo tidak perlu khawatir lagi adanya kelangkaan LPG 3 kg,” harapnya

Selanjutnya pemerintah hanya berkewajiban melakukan pengawasan secara ketat dan inten turun ke berbagai agen dan pangkalan LPG 3 kg,” pungkasnya.

Tinggalkan Balasan