Tim Yankes Bergerak Layani Ratusan Pasien di Pulau Raas Sumenep

Tim Yankes Bergerak
Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, menyampaikan bahwa kehadirannya membawa misi mulia kemanusiaan. Yaitu, demi pemerataan layanan kesehatan di wilayah kepulauan terpencil

Dapurrakyatnews – Tim Pelayanan Kesehatan Bergerak (Yankes Bergerak), yang diterjunkan Pemerintah Provinsi Jawa Timur melalui Dinas Kesehatan, merampungkan misi kesehatannya di Pulau Raas, Kabupaten Sumenep, Sabtu (16/9). Tim ini telah bertugas selama 4 hari sejak Rabu (13/9).

Layanan kesehatan yang diberikan tim Yankes Bergerak ini dipusatkan di Puskesmas Raas, dan Kapal Gandha Nusantara 1 yang merupakan dukungan dari Dinas Perhubungan Provinsi Jawa Timur.

Untuk diketahui, Yankes Bergerak sudah dilakukan sejak tahun 2019 dan Pulau Raas merupakan tujuan ke-15. Sementara, untuk tahun 2023 Tim Yankes Bergerak telah diberangkatkan ke Pulau Sapudi (Juni 2023) dan Pulau Raas (September 2023). Dan yang akan datang Tim Yankes Bergerak akan diterjunkan ke Pulau Kangean, antara akhir Oktober atau awal November, dan Pulau Gili pada November akhir.

Tim Yankes Bergerak

Atas layanan tim Yankes Bergerak di Pulau Raas Sumenep ini, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, menyampaikan bahwa kehadirannya membawa misi mulia kemanusiaan. Yaitu, demi pemerataan layanan kesehatan di wilayah kepulauan terpencil, yang kemudahan akses layanan kesehatannya tidak seperti warga di perkotaan.

“Indonesia, memang negara kepulauan terbesar di dunia yang membuat beberapa daerah tidak mudah dijangkau. Tapi hak kesehatan adalah milik semua orang dan ini komitmen kami memberikan hak tersebut, sampai ke kepulauan terpencil,” kata Khofifah , Senin (18/9).

Menurut Khofifah, kehadiran tim Yankes Bergerak ini juga merupakan wujud Program Jatim Sehat yang tertuang pada Nawa Bhakti Satya. Dimana, akses kehehatan ini berlaku umum untuk semua warga Jawa Timur di manapun mereka berada.

“Layanan kesehatan akan diberikan kepada siapa saja, tidak mengenal di mana mereka tinggal,” imbuhnya.

Tim Yankes Bergerak

Di sisi lain, Khofifah juga menyampaikan apresiasi dan kebanggaannya kepada tim Yankes Bergerak, dinas-dinas terkait, perangkat kecamatan, dan masyarakat yang telah membantu menyukseskan program.

“Tim Yankes Bergerak dan mereka yang telah mendukung adalah orang-orang hebat, yang insya Allah ikhlas mengabdi. Mudah-mudahan ini menjadi amal jariyah mereka. Terima kasih sekali atas kerja kerasnya,” pungkasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Timur Erwin Astha Triyono menjelaskan bahwa Yankes Bergerak ini merupakan program prioritas. Tujuannya untuk lebih mendekatkan akses dan meningkatkan pelayanan kesehatan, yang berkualitas kepada masyarakat, khususnya masyarakat kepulauan terpencil.

Tim Yankes Bergerak

“Dengan memberikan perhatian terhadap masyarakat di wilayah terpencil, akan memberikan penguatan terhadap kesehatan seluruh masyarakat di Jawa Timur. Harapannya, ini bisa menjadi inspirasi bagi pemerintah dan instansi lain untuk meratakan akses kesehatan di zona seperti ini,” terangnya.

Sebagai informasi, selama 4 hari bertugas, tim Yankes Bergerak telah memberikan layanan kesehatan dasar baik spesialistik, kesehatan tradisional, maupun pembinaan Upaya Kesehatan Masyarakat (UKM) kepada 476 orang pasien, di wilayah kepulauan Sumenep itu.

Rinciannya, pasien penerima layanan bedah sebanyak 68 orang, 74 orang menerima layanan obgyn, 115 orang menerima layanan kesehatan mata, 50 orang menerima layanan Telinga Hidung Tenggorokan (THT), dan 44 orang menerima layanan kesehatan anak.

Selanjutnya 7 orang menerima layanan penyakit dalam melalui telekonsul, dengan dokter spesialis penyakit dalam dari RSUD M. Noer Pamekasan, serta 118 orang menerima layanan kesehatan tradisional berupa akupuntur, akupresur, hingga herbal.

Tinggalkan Balasan