Selamatan Desa 2023 Pemdes Juglangan Kirab Pusaka Leluhur

Kirab Pusaka
Dua Benda Pusaka Desa Juglangan Sedang di kirab mengelilingi desa.

Dapurrakyatnews – Pemerintah Desa Juglangan Kecamatan Panji bersama masyarakat, melaksanakan kirab pusaka leluhur pembabat desa. Kegiatan tersebut merupakan rangkaian dari acara selamatan desa setempat, yang rutin digelar tiap tahun dan bertempat di Pendopo Yabargoza. Rabu malam. 26/7/2023.

Selain ratusan masyarakat, beberapa tokoh masyarakat dan juga Forkopimca Panji turut mendampingi Kepala Desa (Juglangan), Subagiyo dalam pelaksanaan kirab.

Kirab Pusaka
KH Ubbad Yamin dan Kades Juglangan Subagiyo serta puluhan santri .

Menurut Kades juglangan, Subagiyo mengatakan, untuk tahun 2023 ini, pihaknya menggelar selamatan desa berbeda dari tahun sebelumnya. Setelah menggelar musyawarah dengan BPD, LPM dan sejumlah tokoh masyarakat, pelaksanaan selamatan desa kali digelar dengan hanya mengadakan pengajian akbar, dan diawali melaksanakan kirab benda pusaka milik sesepuh pembabat Desa Juglangan.

“Ini kali pertama kami lakukan di desa Juglangan, masyarakat biar tahu akan sejarah pembabat desa,” kata Subagiyo.

Selama puluhan tahun benda pusaka yang berupa Timba besi ukuran kecil dan Gentha ( Lonceng besi), yang tersimpan rapi dalam sebuah kotak turun temurun tidak pernah di keluarkan, dan berada di keturunan atau ahli waris pembabat desa yaitu Eyang Murtadheje atau Ali Murtadho. Ke dua benda pusaka tersebut berada di kediaman ahli warisnya yaitu H Muhammad Imron.

Kirab Pusaka

“Untuk usia dari benda tersebut atau sejarah pembabat desa tersebut di perkirakan sekitar 200 tahun yang lalu. Jika di kaitkan dengan rumah tua yang ada di rumah saya, itu berdirinya sekitar 150 tahun yang lampau. Rumah tua yang ada juga merupakan rumah sesepuh pembabat desa, dan di bagian atap rumah tertera tulisan tahunnya, namun beberapa tahun kemaren rumah itu sudah saya rehab,” ujarnya.

Ia juga menjelaskan jika acara sakral itu di laksanakan karena permintaan beberapa tokoh masyarakat. Sebelumnya tidak ada yang berani mengeluarkan benda pusaka yang dikeramatkan tersebut.

“Dengan adanya benda pusaka itu, kami berharap masyarakat bisa mengetahui sejarah pembabat tanah kampung halamannya. Dan juga melalui selamatan desa ini, saya juga berharap agar masyarakat lebih meningkatkan kekompakan, menjaga persatuan, sehingga tercipta kedamaian,” ucapnya.

“Dengan persatuan, kita bisa melaksanakan semua program desa yang sesuai harapan bersama, dan juga bisa melaksanakan program Pemerintah Daerah Situbondo, yaitu menciptakan Kabupaten Situbondo yang Berjaya,” pungkasnya.

Di tahun berikutnya, Kades Juglangan berencana akan menggelar Selamatan Desa dengan lebih meriah dan sakral. Pemdes Juglangan akan menggelar ancak Agung, dan juga tetap akan melaksanakan kirab benda pusaka.  Usai acara kirab pusaka desa, kegiatan di tutup dengan acara pengajian akbar dengan menghadirkan tokoh kharismatik KH. Ubbad Yamin, dan turut hadir Forkopimca Panji.

Tinggalkan Balasan