Berita  

Pemkab Sumenep Gelar Bulan Bakti Gotong Royong Masyarakat ke 21 dan Hari Kesatuan Gerak PKK ke 52

Gotong Royong
Bupati Sumenep Achmad Fauzi Wongsojudo bersama Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Sumenep, saat sesi foto bersama kepala Desa penerima penghargaan.

Durrakyatnews – Pemerintah Kabupaten Sumenep menggelar Bulan Bakti Gotong Royong Masyarakat ke XXI dan Hari Kesatuan Gerak PKK ke 52 Kabupaten Sumenep, yang dilaksanakan di lapangan Tunas Muda Desa Paberasan, Kecamatan Kota Sumenep, Kabupaten Sumenep, Jawa Timur.

Dalam sambutannya kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Anwar Syahroni Yusuf menyampaikan, bahwa pelaksanaan kegitan tersebut berdasarkan arahan dari bapak Bupati pada tanggal 25 Mei 2023, tentang peringatan bulan bakti gotong royong dan hari kesatuan gerak PKK ke 52 tingkat Kabupaten Sumenep tahun 2024.

“Kegiatan ini bertujuan sebagai upaya meningkatkan kepedulian dan peran aktif masyarakat, berdasarkan semangat kebersamaan, kekeluargaan dan ke gotong royongan dalam penguatan integritas sosial, untuk mencapai masyarakat yang adil dan makmur menuju keluarga sehat dan sejahtera,” kata Anwar Syahroni Yusuf. Rabu (29/5/2024).

Baca juga : Rangkaian Hari Gotong Royong, Pemdes Paberasan dan DPMD Gelar Silaturahmi bersama Bupati Sumenep

Menurutnya, pada pelaksanaan kegiatan peringatan bulan Bakti Gotong Royong masyarakat ke XX1 dan Hari Gerak PKK ke 52, pihaknya memberdayakan UMKM khususnya oleh Desa Paberasan dan sekitarnya.

“Dalam kegiatan pagi ini, kami menampilkan produk produk unggulan dari binaan UP2K PKK Kabupaten Sumenep. Selain itu, juga menyediakan kupon gratis kepada masyarakat untuk membeli langsung kepada UMKM,” ujarnya.

Menurutnya, dengan melibatkan UMKM, merupakan salah satu upaya, bagaimana dapat membesarkan UMKM adalah dengan melakukan kegiatan, yang salah satu tujuannya untuk menuju kemandirian ekonomi.

“Ada 18 stand UMKM produk unggulan dari binaan UP2K, dan ada beberapa pelayanan yang langsung kita lakukan ditempat ini, seperti administrasi kependudukan, kesehatan dan perijinan,” ungkapnya.

Di tempat yang sama, Bupati Sumenep Achmad Fauzi Wongsojudo menyampaikan bahwa perayaan bulan bakti gotong royong masyarakat ke 21 dan Hari Kesatuan Gerak PKK ke 52, merupakan 2 hal yang menjadi satu kesatuan erat, dalam proses implementasi di dalam kita bermasyarakat.

“Selain itu, peran Ibu ibu yang tergabung dalam PKK, memiliki peran strategis yang dalam kesehariannya memerlukan jiwa yang ikhlas. Karena jika tidak dengan tulus maka pengabdiannya akan menjadi beban,” kata Bupati.

Baca juga : Untuk Meningkatkan Ekonomi Kerakyatan di Desanya, Kepala Desa Paberasan Angkat Program 3 P

Menurutnya, sebagai organisasi yang menjadi mitra pemerintah, secara otomatis masuk dalam sebuah tatanan pemerintah untuk bersama-sama mengabdi kepada masyarakat.

“Maka ketulusan, keiklasan, menjadi sebuah dasar landasan dalam bergerak aktif dan progresif. Sebagai peran strategis di masyarakat, maka peran untuk menjadi sebuah kekuatan menjadi satu, dengan masyarakat sangat penting dalam bentuk pemberdayaan,” terangnya.

Kami berharap dengan keberadaan bulan bakti gotong royong masyarakat dan hari Kesatuan Gerak PKK ke 52 Kabupaten Sumenep, yang dilaksanakan setiap tahun, menjadi kebersamaan kita untuk mengimplementasikan seluruh kemampuan kita untuk mengabdi kepada seluruh masyarakat.

“Agar ke depan yang berkaitan dengan kondisifitas, keamanan, ketenteraman dan keharmonisan dapat kita bangun bersama sama,” pungkasnya.

Dalam kesempatan tersebut Bupati Sumenep juga menyerahkan beberapa bantuan dan penghargaan yang diterima oleh beberapa desa sebagai Desa Mandiri dan penghargaan dari Direktor Jenderal Perbenharaan Kantor wilayah Jawa Timur, yang diterima oleh Desa Sapeken.

Tinggalkan Balasan