Berita  

H-1 Arus Mudik Lebaran, Pelabuhan Kalianget Berangkatkan Ribuan Pemudik Tujuan Kepulauan

Pelabuhan
Kepala KSOP Kelas IV Kalianget (Pakai Seragam) saat sesi foto bersama dalam rangka Arus Mudik Lebaran 2024.

Dapurrakyatnews – Pada H-1 Lebaran, angkutan lebaran masih ramai di beberapa daerah. Namun, secara umum, arus lalu lintas mudik lebaran tahun 2024 sudah mulai lancar.

Begitu juga dengan angkutan lebaran jalur laut melalui Pelabuhan Kalianget, yang menuju beberapa kepulauan yang ada di Kabupaten Sumenep.

Menurut kepala Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas IV Kalianget, Azwar Anas, sejak tanggal 26 Maret sampai dengan 9 April 2024, sudah ribuan pemudik yang melakukan perjalanan melalui Pelabuhan Kalianget.

“Dari data Posko angkutan laut lebaran 2024, yang kita data sejak H-15 sampai dengan H-1H-1, ada 44 total kedatangan dan 46 total keberangkatan,” kata Azwar Anas, yang belum genap 1 bulan menjabat sebagai Kepala KSOP Kalianget. Selasa (9/4/2024).

Pelabuhan

Menurutnya, jumlah kedatangan penumpang atau penumpang turun berjumlah 2.718 orang, dan 13.932 jumlah penumpang naik, dengan total 449 unit kendaraan turun dan 1.380 unit kendaraan naik.

“Sedangkan untuk angkutan kapal arus balik lebaran, operator dari penyedia angkutan laut sudah akan beroperasi pada hari Kamis 11 April 2024,” ungkapnya.

Seperti yang telah kami perkirakan sebelumnya, bahwa lonjakan penumpang di Pelabuhan Kalianget, yang akan melakukan penyeberangan melalui Pelabuhan Kalianget, akan terjadi pada hari Minggu 7 April 2024.

“Ini dibuktikan total penumpang yang naik pada hari Minggu (7/4) H-3 berjumlah 2.428 penumpang,” ucapnya.

Ia juga berharap, untuk menghindari tingginya calon penumpang pada saat arus balik Lebaran, diharapkan kepada calon penumpang untuk tidak memilih waktu keberangkatan yang bertepatan dengan puncak arus balik.

“Puncak arus balik biasanya terjadi beberapa hari setelah Hari Raya Idul Fitri. Pertimbangkan untuk memilih waktu keberangkatan di luar puncak arus balik,” pungkasnya.

Tinggalkan Balasan