Dukung Program Pemerintah, Faskad Gelar Rapat Konsolidasi

Faskad
Tampak Ketua Faskad, H Zaini, Kabid Bina Desa, Sugeng, perwakilan Inspektorat, Wiyono dan Kasi Pemerintahan Kecamatan Panji saat rapat konsolidasi.

Dapurrakyatnews – Forum Komunikasi Antar Perangkat Desa (FASKAD) se Kecamatan Panji, menggelar rapat konsolidasi antar perangkat desa, yang dihadiri oleh Kabid Bina Desa dari DPMD, Sugeng dan perwakilan dari Inspektorat Situbondo, Wiyono, bertempat di aula kantor Desa Curah Jeru, Kecamatan Panji, Kabupaten Situbondo, Jawa Timur. Rabu (5/7/2023).

Dalam acara konsolidasi, kali ini membahas masalah pengelolaan keuangan desa dan membahas sertifikat tanah kas desa serta aset desa.

Menurut H Zaini ketua FASKAD Kecamatan Panji, Faskad secara rutin tiap bulan melaksanakan pertemuan guna membahas berbagai permasalahan yang terjadi di Desa. Hal ini demi meningkatkan pelayanan pada masyarakat.

“Segala hal yang berkaitan dengan berjalannya pemerintahan desa, kami selaku perangkat desa berkewajiban mendukung semua program pemerintah Desa, dalam hal ini program Kepala Desa. Selain itu juga dalam rangka mendukung program Pemerintah Kabupaten Situbondo,” kata Zaini.

Faskad

Dalam hal ini kami tidak memandang dari unsur politik. Faskad berkomitmen membangun kebersamaan, baik di internal Pemerintah Desa setempat, dan juga antar perangkat Desa di Kecamatan Panji.

“Sebagai contoh hari ini, di acara kali ini, kami membahas program pemerintah pusat dan daerah, tentang Pengelolaan Keuangan Desa dan Sertifikasi Tanah Kas Desa ( TKD ). Dua pokok pembahasan ini akan segera kami tindak lanjuti, agar apa yang di harapkan Pemerintah Kabupaten terlaksana, termasuk pengelolaan Keuangan Desa yang sesuai aturan,” ungkapnya.

Sementara itu Kabid Bina Desa Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (.DPMD ) Kabupaten Situbondo, Sugeng mengapresiasi adanya Faskad dan segala kegiatan yang di laksanakan.

“Dengan berdirinya Faskad di Kecematan Panji, maka pantas saja para kepala desa yang ada mendapatkan predikat desa terbaik. Ini terbukti di awal tahun ini desa – desa yang ada I wilayah kecamatan Panji paling cepat dalam pengerjaan APBDes,” ungkap Sugeng.

Tidak hanya itu, dua dari sepuluh desa di wilayah Kecamatan Panji saat ini mendapatkan kenaikan status, dari desa Maju, kini menjadi desa Mandiri, yaitu Desa Tokelan dan Desa Curah Jeru.

“Adanya Faskad ini, sangat berdampak pada berjalannya roda pemerintahan di desa masing – masing,” tambahnya.

Agar semua program bisa dilaksanakan dengan baik, dukungan para kepala desa juga kami apresiasi. Hal ini perlu di kembangkan, dan bahkan perlu di contoh para perangkat desa dan juga operator di seluruh Situbondo.

“Sehingga apa yang menjadi program Bupati H Karna Suswandi dan Wabub Nyai Hj Khoirani, juga bisa terlaksana dan sukses,” pungkasnya.

Tinggalkan Balasan