Berita  

BPJS Ketenagakerjaan adakan Bincang Santai dengan Puluhan Awak Media Situbondo

BPJS ketenagakerjaan
Photo bersama awak media online Situbondo bersama pihak BPJS Ketenagakerjaan.

Dapurrakyatnews – Kepala Cabang BPJS Ketenagakerjaan Kabupaten Situbondo Bayu Wibowo, melaksanakan acara bincang santai bersama puluhan awak media online, di cafe Azalia yang berada di kelurahan Mimbaan Kecamatan Panji, Kabupaten Situbondo, Jawa Timur. Selasa (18/7/2023).

Acara tersebut dikemas dengan acara ngopi bareng,  sembari pihak BPJS Ketenagakerjaan memberikan evaluasi terkait Perisai (Kepanjangan tangan) BPJS Ketenagakerjaan. Acara tersebut juga menghadirkan 3 orang agen perisai, yaitu Budi Supriyanto, Joko dan Candra.

Pimpinan Cabang (Pimcab) BPJS Ketenagakerjaan Situbondo, Batu Wibowo menjelaskan, acara sore ini merupakan inovasi pihak BPJS untuk berkolaborasi dengan rekan – rekan awak media yang ada di kabupaten Situbondo.

BPJS ketenagakerjaan
Kepala Cabang BPJS Ketenagakerjaan Kabupaten Situbondo Bayu Wibowo

“Tujuan kami untuk mengajak rekan – rekan awak media, untuk turut menyampaikan pada masyarakat tentang pentingnya jaminan sosial, yaitu BPJS Ketenagakerjaan. Tentu itu bisa di sampaikan lewat media, dan juga akan lebih baik bila rekan – rekan media turut masuk menjadi agen perisai,” Kata Bayu Wibowo.

Agen Perisai itu bisa dikatakan sebagai kepanjangan tangan kami, yaitu BPJS Ketenagakerjaan. Agen Perisai resmi di bentuk oleh kami, dan juga dalam melaksanakan tugasnya di sertai surat tugas yang legal.

“Perisai bertugas untuk memperluas cakupan kepesertaan dan perlindungan jaminan sosial ketenagakerjaan melalui sistem keagenan untuk mengakuisisi pekerja informal atau Bukan Penerima Upah (BPU) dan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM),” terangnya.

Lebih lanjut, Bayu Wibowo menjelaskan bahwa Perisai dinilai berperan besar dalam sosialisasi program BPJS Ketenagakerjaan, serta  mampu mengakuisisi tenaga kerja khususnya bukan penerima upah (BPU).

“Tugas agen Perisai di antaranya, melaksanakan sosialisasi program jaminan sosial ketenagakerjaan, melaksanakan kegiatan akuisisi peserta dan melakukan kegiatan pengelolaan data kepesertaan. Tugas lainnya menyerahkan tanda bukti pembayaran iuran kepada peserta binaannya, dan menginformasikan tanda bukti kepesertaan kepada peserta,” terangnya.

Sementara itu agen Perisai, Candra warga desa Curah Kalak mengungkapkan jika tugas agen Perisai di lapangan tentu tidaklah mudah seperti apa yang di bayangkan. Karena ketika memberikan pemahaman pada masyarakat, tentang pentingnya untuk bergabung menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan, tentu terkadang mudah, dan juga sulit bila lawan bicara kita masih awam.

“Namun semua itu akan mudah di jalankan bila kita mempunyai niat yang tulus. Jadi, mari kita berkolaborasi memberikan pemahaman pada masyarakat agar mau menjadi peserta, dan juga berikan pemahaman pentingnya BPJS Ketenagakerjaan. Tentu kita tidak berharap masyarakat mendapat musibah, namun semua ini merupakan bentuk antisipasi saja, ungkap Candra.

Acara ngopi bareng di akhiri dengan tanya jawab seputar cara mendaftar menjadi agen Perisai, dan syarat menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan. Setelah itu di tutup dengan ramah tamah.

Tinggalkan Balasan