Akibat Banjir dan Longsor Ratusan Rumah Terendam Banjir

Banjir

Dapurrakyatnews, – Banjir dan longsor melanda beberapa wilayah di Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat, Minggu (13/8/2023). akibatnya ratusan rumah warga terendam banjir dan akses jalan tertutup oleh material longsor.

Banjir

Kepala Bidang (Kabid) Darurat dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pesisir Selatan (Pessel), Defri Siswandi mengatakan, ada tujuh Nagari (desa-red) yang dilanda Banjir dan longsor terjadi Pessel.

“Adapun tujuh Nagari tersebut yaitu, Nagari Kapujan, Nagari Lubuk Begalung, Nagari Kape Panji, Nagari Kubang, Nagari Koto Merapak, Nagari Kopelgam, dan Nagari Amping Parak,” ucap Defri saat dihubungi Dapurrakyatnews, Minggu (13/8) malam.

Lihat video nya disini

Defri merincikan, akibat banjir tersebut, diperkirakan ada ratusan rumah yang terendam banjir hingga kedalam mencapai 1 meter.

Kemudian, Lanjut Defri, untuk longsor terjadi di dua lokasi yaitu di Kampung Tanjung, Nagari Duku Utara, Kecamatan XI Koto Tarusan, Pessel. menyebabkan dua unit rumah warga rusak berat tertimpa material longsor.

“Sementara longsor di Kampung Jongah, Nagari Duku, XI Koto Tarusan yang membuat akses jalan utama Padang -Painan sempat tertutup,” jelasnya.

Ia menuturkan, saat ini, pihaknya sudah turun ke lapangan membantu warga yang rumahnya terendam banjir.

“Dari bencana ini tidak ada laporan korban jiwa. hanya kerugian materil,” tutupnya.

Tinggalkan Balasan