Untuk Mencegah Penyebaran Demam Berdarah, Ini yang Dilakukan Nakes, KKP dan Koramil Panarukan

Demam Berdarah

Dapurrakyatnews – Fogging, atau yang biasa disebut pengasapan, adalah sebuah metode pengendalian nyamuk dengan cara menyemprotkan insektisida berbentuk kabut. Insektisida ini ditujukan untuk membunuh nyamuk dewasa, khususnya nyamuk Aedes aegypti dan Aedes albopictus, yang merupakan vektor penyakit demam berdarah dengue (DBD) dan chikungunya.

Fogging biasanya dilakukan di area terbuka seperti taman, pemukiman penduduk, dan tempat umum lainnya. Fogging dapat dilakukan secara massal atau fokus, tergantung pada situasi dan tingkat risiko DBD di suatu daerah.

Hal tersebut yang dilakukan oleh Koramil 0823-05/Panarukan melalui Babinsa Desa Kilensari Sertu Mattalim, saat mendampingi (KKP) Kantor Kesehatan Pelabuhan Probolinggo, saat melakukan pengasapan insektisida. Selasa (7/5/2024).

Kegiatan dalam rangka pencegahan dan pengendalian penyakit demam berdarah selain diikuti dari koramil Panarukan, 13 orang dari KKP Probolinggo, juga tenaga kesehatan dari Puskesmas Panarukan.

Demam Berdarah

Sertu Mattalim menyampaikan, tujuan dilaksanakan penyemprotan/fogging oleh Petugas Nakes Panarukan bersama instansi terkait, untuk mengantisipasi berkembang biaknya jentik jentik nyamuk demam berdarah.

“Penyakit Demam Berdarah saat ini sedang mewabah, jadi kegiatan fogging ini kami lakukan, agar masyarakat sekitar terhindar dari penyakit demam berdarah,” kata Serrtu Mattalim

Selain melakukan pengasapan, dilarang petugas yang ikut dalam kegiatan tersebut, juga memberikan sosialisasi pentingnya fogging.dan menjaga kebersihan,

“Kami selaku petugas juga mengingatkan kepada warga agar membuang sampah pada tempatnya, dan mengubur kaleng kaleng bekas yang bisa jadi tempat berkembang biaknya jentik nyamuk,” tutupnya.

Tinggalkan Balasan