Berita  

KSOP Kelas IV Kalianget akan Menggelar Pelatihan DPM bagi Masyarakat Umum, Ini Syarat Syaratnya

KSOP Kelas IV Kalianget

Dapurrakyatnews – Politeknik Pelayaran Surabaya (Poltekpel Surabaya) bekerjasama dengan Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas IV Kalianget, akan menggelar Diklat Pemberdayaan Masyarakat (DPM) tahun 2024.

Azwar Anas Kepala KSOP kelas IV Kalianget menyampaikan, jika diklat DPM diberikan untuk meningkatkan keterampilan dan pengetahuan masyarakat di bidang pelayaran, khususnya dalam hal keselamatan dan keamanan di laut. Minggu (31/3/2024).

“Dengan Diklat ini, diharapkan dapat membantu masyarakat untuk mendapatkan pekerjaan di bidang pelayaran atau meningkatkan peluang usaha di bidang maritim,” kata Azwar Anas, yang baru beberapa hari menjabat sebagai Kepala KSOP Kelas IV Kalianget kepada dapurrakyatnews.

Ia berharap, agar masyarakat luas yang ada di Kabupaten Sumenep, untuk memanfaatkan kesempatan yang baik ini, sebagai peserta Diklat Pemberdayaan Masyarakat.

KSOP Kelas IV Kalianget
Azwar Anas Kepala KSOP Kelas IV Kalianget (tengah) saat mendampingi Dirjen Perhubungan laut dan Bupati Sumenep dalam suatu kegiatan.

“Silahkan untuk mendaftarkan diri ke link yang telah kami berikan  sesuai dengan persyaratan persyaratan yang telah kami umumkan,” ujarnya.

Ia juga menyampaikan bahwa calon peserta Diklat Pemberdayaan Masyarakat (DPM) tahun 2024, gratis tanpa dipungut biaya apapun, dengan ketentuan sesuai dengan persyaratan yang telah kami keluarkan.

“Jika calon peserta berstatus ASN, maka harus ada surat keterangan dari pimpinan di mana mereka bekerja, dan jika pendaftar masih sekolah harus ada surat pengantar dari kepala sekolah,” ungkapnya.

Sedangkan untuk calon peserta yang dari masyarakat umum, harus melampirkan surat keterangan tidak mampu dari kepala desa setempat.

“Bagi peserta yang mengikuti kegiatan ini Diklat BSD, SAT dan AFF akan mendapatkan sertifikat Diklat Basic yang mana sertifikat tersebut dapat digunakan untuk bekerja di atas kapal,” tutupnya.

KSOP Kelas IV Kalianget

Sebagai keterangan tambahan materi Diklat Pemberdayaan Masyarakat.
BSD (Basic Safety Training)
1. Pengetahuan dasar keselamatan di laut,
2. Pencegahan dan penanggulangan kebakaran.
3. Pertolongan pertama pada kecelakaan.
4. Survival di laut.
5. Kesadaran keamanan maritim.
Diklat SAT (Security Awareness Training)
1. Ancaman keamanan di laut
2. Tindakan pencegahan dan penanggulangan keamanan di laut
3. Pengenalan dan pelaporan kegiatan mencurigakan
AFF (Advanced Fire Fighting)
1. Teknik pemadaman kebakaran di kapal
2. Penggunaan alat pemadam kebakaran
3. Penyelamatan diri dari kebakaran

Tinggalkan Balasan