KM Laborar Muatan 32 Ekor Sapi dan Puluhan Penumpang Alami Laka Laut di Perairan Karamian

Karamian

Dapurrakyatnews – Perahu Motor Laborar yang sedang membawa muatan sapi, mengalami laka laut sesaat akan berlayar dari Pulau Karamian, Kecamatan Masalembu, menuju Desa Asam Asam, Kecamatan Jorong, Kabupaten Tanah Laut, Kalimantan Selatan.

Menurut Rahmat Rahim Kepala Kantor UPP Maselembu, Perahu Motor Laborar yang dinahkodai oleh Nispu asal Masalembu, alamat sesuai KTP Desa Asam Asam dengan 2 orang ABK, berangkat dari Pulau Masalembu ke Pulau Karamian dengan muatan awal 10 ekor sapi, dengan 4 orang pengawal sapi.

“Kejadiannya sekitar tadi subuh mas  di Pelabuhan rakyat di Karamian. Setelah sampai ke Karamian perahu menambah muatan 22 ekor sapi dengan 12 orang penumpang atau penjaga sapi,” ujarnya kepada dapurrakyatnews. Rabu (20/12/2023).

Karamian

Ia melanjutkan, total muatan perahu motor yang mengalami kecelakaan adalah 32 ekor sapi, dan 16 orang penumpang dan penjaga sapi. Diduga karena terlalu banyaknya muatan mengakibatkan perahu yang baru akan bergerak, meninggalkan perairan karamian perahu miring dan terbalik.

“Atas kejadian tersebut, seorang anak umur 6 tahun meninggal dunia, dan 29 ekor sapi muatan KM Laborar mati,” ujarnya.

Kita menyayangkan atas kejadian ini, apalagi sampai ada korban jiwa, karena kami selama ini telah mewanti wanti kepada masyarakat yang akan berlayar, apalagi dengan memuat sapi, untuk melaporkan ke pihak UPP Masalembu.

“Tujuannya, agar kami bisa melakukan pengawasan dan memastikan kapasitas perahu dan muatan tidak overload, dan KM Laborar ini tidak melaporkan kepada kami jika akan melakukan pelayaran,” pungkasnya.

Berdasarkan informasi yang dihimpun oleh dapurrakyatnews, saat ini, semua penumpang perahu motor Laborar  telah berada di rumah masing masing.

Tinggalkan Balasan