Berita  

Wakil Bupati Sumenep Serahkan Hewan Kurban Melalui Dinas Sosial P3A Sumenep

Wakil Bupati
Wakil Bupati Dewi Khalifah, disaksikan oleh Sekda Sumenep Edy Rasyadi dan Kadis Sosial P3A, saat menyerahkan hewan kurban secara simbolis kepada lembaga penerima.

Dapurrakyatnews – Perayaan Hari Raya Iduladha 1444 Hijriah/2023 Masehi, Wakil Bupati Sumenep Hj. Dewi Khalifah, mewakil Bupati Sumenep Achmad Fauzi menyerahkan hewan kurban kepada pengurus masjid, musala dan lembaga penyalur atau organisasi kemasyarakatan.

Hewan kurban ini, merupakan hasil penggalangan dana dari Aparatur Sipil Negara (ASN) di Organisasi Perangkat Daerah (OPD), BUMN dan BUMD yang menjadi tradisi Pemerintah Kabupaten Sumenep setiap tahun pada Hari Raya Idul Adha.

“Para lembaga penyalur hendaknya dalam mendistribusikan daging sapi maupun kambing hewan kurban, benar-benar kepada masyarakat yang berhak menerima, supaya mereka ikut berbahagia merayakan Idul Adha tahun ini,” kata Wakil Bupati saat penyerahan hewan kurban, di Rumah Perlindungan Sosial (RPS) Kabupaten Sumenep, Kamis (29/06/2023).

Wakil Bupati

Pihaknya menyampaikan terima kasih kepada semua pihak, yang telah menyumbangkan hewan kurban tahun ini, untuk berbagi dengan masyarakat yang membutuhkan, sehingga dengan Idul Adha semakin meningkatkan kepedulian sosial.

“Semoga, kita termasuk orang sabar, ikhlas, tawakal yang selalu tawaduk kepada Allah SWT, seperti diajarkan Nabi Ibrahim AS dan Ismail AS agar direalisasikan oleh seluruh ASN dan masyarakat di lingkungannya,” tutur Wabup.

Sementara Kepala Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Sumenep Achmad Dzulkarnain mengungkapkan, pengumpulan hewan kurban hingga 28 Juni 2023 dari OPD, BUMN, BUMD dan instansi vertikal sebanyak 30 ekor, rinciannya sapi sebanyak 11 ekor dan kambing sebanyak 19 ekor.

Jumlah pemohon lembaga penyalur hewan kurban sebanyak 90 lembaga, yakni 3 masjid, 36 musala, 6 yayasan dan 50 organisasi sosial atau organisasi masyarakat.

“Mekanisme penyaluran hewan kurban untuk lembaga penyalur sebanyak 9 lembaga berupa 1 ekor, sebanyak 3 ekor sapi untuk 3 masjid dan 9 sapi yang dagingnya disebar kepada penerima melalui lembaga penyalur,” terangnya.

Hal tersebut merupakan langkah Pemkab Sumenep melalui Dinsos P3A, untuk mengurangi beban masyarakat di sektor perekonomian dan berbagi kebahagiaan di momen hari raya Idul Adha.

“Harapannya apa yang nantinya akan disalurkan dapat bermanfaat kepada masyarakat penerima,” pungkasnya.

Tinggalkan Balasan