Untuk Membumikan Pancasila bagi Anak Didiknya, SDN Pangarangan V Hadirkan Komunitas Roketara Surabaya

Membumikan

Dapurrakyatnews – Untuk membumikan Pancasila terhadap anak sekolah, Jejaring Panca Mandala Sumekar Sumenep, bekerja sama dengan komunitas Roketara Road show Nusantara dari Surabaya, menyapa anak didik di SDN Pangarangan V Desa Pangarangan, Kecamatan Kota Sumenep, Kabupaten Sumenep, Jawa Timur. Rabu, (16/11/2022).

Kegiatan membumikan Pancasila melalui permainan tradisional kepada peserta didik tersebut, bertujuan agar siswa harus secara sadar menjalin kerja sama dengan orang yang berbeda latar belakang sosial, dalam mengerjakan agenda bersama.

Sekretaris Dinas Pendidikan Kabupaten Sumenep Sunaryanto, S.STP., M.Si. dalam sambutan mengatakan, jika pihaknya sangat mengapresiasi apa yang telah dilakukan oleh SDN Pangarangan V.

Membumikan

“Kami mengapresiasi atas inisiatif dari SDN Pangarangan V dan komunitas Roketara yang juga melibatkan peserta didik dalam kegiatan membumikan Pancasila, melalui permainan tradisional,” kata Sekdis Pendidikan saat memberikan sambutan.

Yang mana dulu nya dalam membumikan Pancasila atau menggaungkan Pancasila, kita mengikuti pelatihan pelatihan seperti P4, yang saat itu P4 kita dapatkan saat kita akan masuk SMP dan SMA. Namun hal tersebut saat ini sudah tidak ada lagi, jadi sekarang disaat P4 sudah tidak ada dalam wujud kegiatan lagi, banyak kemudian kegiatan kegiatan yang mengikuti kekinian.

Membumikan
Sekretaris Dinas Pendidikan Kabupaten Sumenep Sunaryanto, S.STP., M.Si.

“Alhamdulillah ada komunitas Roketara, yang memberikan nilai nilai pancasila melalui permainan tradisional, sehingga dapat gampang di serap oleh anak didik kita,” tambahnya.

Sementara di tempat yang sama Kepala Sekolah SDN Pangarangan V Mazani, S.Pd, mengatakan bahwa, Pancasila merupakan pandangan hidup bangsa, yang dijadikan pedoman bagi warga negara dalam kehidupan bermasyarakat berbangsa dan bernegara.

“Pancasila tidak hanya dihafalkan, namun juga harus diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Oleh karena itu perlunya pembiasaan sejak dini, agar nilai-nilai Pancasila dapat tertanam dalam generasi muda sebagai tunas bangsa,” terangnya.

Membumikan

Menurutnya, melalui permainan tradisional dapat menciptakan sistem, sehingga permainan rakyat dan olahraga tradisonal ini menjadi wujud pengamalan nilai-nilai Pancasila. Sekaligus juga untuk menghilangkan sekat-sekat yang ada, di masyarakat.

“Permainan tradisional, merupakan salah satu kearifan lokal yang mengandung nilai-nilai Pancasila. Sehingga perlu terus dipelihara serta ditumbuhkan kembali, kepada generasi muda,” pungkasnya.

Membumikan
Simulasi memadamkan api yang di peragakan oleh petugas Damkar Sumenep.

Selain komunitas Roketora, SDN Pangandaran V juga mengundang Damkar Sumenep, untuk memberikan edukasi kepada peserta didik tentang bagaimana menghadapi, jika sewaktu waktu mengalami, melihat dan melakukan langkah langkah jika ada kebakaran.

Selain memberikan edukasi, Kabag Damkar Sumenep Subiyakto, SH, MH, Damkar Sumenep juga mempraktikkan langkah apa yang harus dilakukan jika ada kebakaran. Ia juga menyampaikan, jika kabupaten Sumenep telah memiliki layanan call center 112.

“Fasilitas tersebut di jaga 24 jam non stop, Silahkan untuk mengadukan hal kegawat daruratan. Dengan Bismillah Melayani kami siap melayani masyarakat, yang membutuhkan pelayanan dari call center 112,” jelasnya

Turut hadir dalam kegiatan tersebut selain Sekretaris Dinas Pendidikan Sumenep, Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik, Purwi Edi Prawito, S.STP, Serka Hartono dari Koramil Kecamatan Kota dan Anggota Polsek Kota Sumenep, Kabupaten Sumenep.

 

Tinggalkan Balasan