Pemerintah akan Melibatkan Destinasi Wisata dalam Gelaran Event di Tahun 2024

Destinasi
Bupati Sumenep Achmad Fauzi Wongsojudo saat sesi foto bersama dengan pengelola destinasi wisata yang ada di Kabupaten Sumenep

Dapurrakyatnews – Bupati Sumenep Achmad Fauzi Wongsojudo, melalui Dinas Kebudayaan, Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata, melakukan silaturahmi dengan pengelola destinasi wisata yang ada di Kabupaten Sumenep.

Silaturahmi yang juga dihadiri oleh Mohamad Iksan, S.Pd, MT kepala Didbudporapar Kabupaten Sumenep tersebut, digelar di Pendopo kraton Sumenep, Jawa Timur. Kamis (9/11/2023).

Bupati Sumenep Achmad Fauzi Wongsojudo kepada awak media menyampaikan, pihaknya menggelar silaturahmi dan membangun kebersamaan, antara pemerintah daerah dengan pengelola atau paguyuban destinasi wisata yang ada di Kabupaten Sumenep.

“Sebelumnya kita bangun, bagaimana seluruh paguyuban atau pengelola destinasi wisata membantu dan peduli, untuk bersama sama pemerintah daerah membuat event di Kabupaten Sumenep,” kata Bupati Sumenep.

Destinasi
Bupati Sumenep Achmad Fauzi Wongsojudo saat menyampaikan sambutannya

Bupati menyampaikan, jika selama ini yang selalu berbicara tentang destinasi wisata selalu saya sebagai Bupati Sumenep, saat ini kita mencoba mereka sendiri yang berbicara tentang kelebihan, dan keunggulan destinasi wisata yang mereka kelola.

‘Jadi kedepan, bukan Bupati lagi, diharapkan mereka sendiri yang menyampaikan kelebihan yang mereka miliki, hingga dapat meyakinkan kepada wisatawan, bahwa destinasi yang mereka kelola layak untuk didatangi,” ujarnya.

Tentu saja kita juga akan mendorong media lokal dan media Nasional untuk bisa melakukan komunikasi langsung kepada pengelola, jadi satu arah tidak harus ke Bupati lagi. Bupati sudah tidak akan bicara satu persatu destinasi wisata. Namun Bupati akan menyampaikan bahwa di Sumenep, memiliki potensi dan tujuan wisata yang layak untuk didatangi.

“Nanti kita akan menggelar FGD dengan semua pengelola destinasi wisata, hasil dari FGD nanti kita singkronkan apa saja keinginan dan masukan dari pengelola, dan destinasi wisata mana yang perlu kita bantu,” ungkapnya.

Sementara itu, Mohammad Iksan Kadisbudporapar Kabupaten Sumenep menyampaikan, silaturahmi dengan pengelola destinasi wisata di Kabupaten Sumenep, bertujuan untuk memberikan informasi awal bahwa di tahun 2024 akan ada 80 event yang akan digelar.

“Kedepan dengan adanya event tersebut, kita akan melibatkan destinasi wisata sebagai penyelenggara, tuan rumah ataupun penempatan kegiatan event,” terangnya.

Selain itu silaturahmi tersebut berkaitan dengan tahun kunjungan wisata, agar ada peningkatan kunjungan wisata ke masing masing destinasi wisata yang ada di Kabupaten Sumenep.

“Diharapkan pengelola destinasi untuk berbenah dan siap, dalam satu nada untuk memajukan destinasi wisata masing-masing,” imbuhnya

Selain itu, ke depan kepada pengelola destinasi wisata yang ada di Kabupaten Sumenep, untuk dapatnya membuat grup yang bertujuan untuk menyamakan visi misi dan presepsi.

“Dan yang terakhir seperti yang disampaikan oleh Bapak Bupati, kita akan melakukan kegiatan berupa bantuan atau hibah kepada Destinasi Wisata,” pungkasnya.

Tinggalkan Balasan