Berita  

Meriahkan Semarak Idul Fitri, Karang Taruna Padang Kejai akan Gelar Pacu Biduk Lebaran 

Karang taruna

Dapurrakyatnews, – Dalam memeriahkan Semarak lebaran Idul Fitri 1445 H Pemuda-pemudi Karang Taruna Kampung Tanjung Gobah, Padang Kejai, Nagari Kampung Tengah, Kecamatan Ranah Ampek Hulu Tapan, Pesisir Selatan akan menggelar Lomba Pacu Biduk Lebaran.

Kegiatan ini akan berlangsung selama 4 hari, dimulai pada kamis 11 April sampai dengan Minggu 14 April 2024, yang akan diselenggarakan di Sungai Batang Tapan di bawah Jembatan Gantung Padang Kejai, Kampung Tengah, Ranah Ampek Hulu Tapan.

Ketua Panitia Hendri mengatakan, Kegiatan Pacu biduk merupakan kegiatan rutin pemuda dan masyarakat Padang Kejai, dalam memeriahkan hari raya raya idul Fitri.

“Selain itu juga bertujuan untuk menjalin tali silaturahmi,” ucap Hendri, Sabtu (6/4) siang.

Ia menuturkan, Pacu biduk ini selain olahraga air juga merupakan tradisi dan kearifan lokal masyarakat Padang Kejai.

“Sejak beberapa dekade sudah dilaksanakan kegiatan pacu biduk ini di setiap lebaran. Hari kedua atau hari ketiga lebaran Idul Fitri,” tuturnya.

Masih kata Hendri, Kami (pemuda) sebagai generasi penerus harus bisa melestarikan tradisi budaya yang ada.

“Pemuda sebagai parit paga nagari, kami ingin tetap mempertahankan Marwah pemuda dan membangkitkan batang tarandam,” ujarnya.

Sementara itu, Wakil Ketua Pemuda Padang Kejai Isep Ilham menyampaikan, Pacu Biduk bisa disebutkan sebagai tradisi turun temurun.

“Sebagai pemuda kita harus bisa mempertahankan marwah ini. dimana Pacu biduk ini sudah bisa dibilang menjadi icon wisata di Padang Kejai,” ungkapnya.

Selain itu, lanjutnya, ia berharap dengan terus mempertahankan konsisten terus melaksanakan kegiatan ini kedepannya bisa lebih maju, dan bisa masuk ke dal kalender pariwisata Kabupaten Pesisir Selatan.

“Kami berharap, kedepannya bisa menjadi icon wisata dan masuk dalam kalender event pariwisata Kabupaten Pesisir Selatan dan Provinsi Sumatera Barat,” harapnya.

Ia menambahkan, jika para peminat olahraga air pacu biduk ini bisa untuk mendaftarkan tim nya, karena ini dibuka untuk umum.

“Jika ingin mendaftar bisa hubungi kontak Pantia, yang sudah tertera di brosur yang sudah kami sebar secara online di media sosial,” katanya.

Untuk informasi lebih lanjut, bisa konfirmasi ke panitia pelaksana dengan menghubungi Ketua Panitia Hendri 0812-8047-9989 dan Kartika 0812-6185-2590.

Tinggalkan Balasan