Berita  

Bupati dan Wakil Bupati Hadiri Pemberian Remisi Kemerdekaan di Rutan Kelas II B Situbondo

Bupati
Bupati Situbondo, Drs H karna Suswandi, MM saat memberikan sambutan di ruang Aula rutan kelas II B Situbondo.

Situbondo, Bupati Situbondo Drs H Karna Suswandi, MM, dan Wakil Bupati, Nyai Hj Khoirani, S.Pd.MH, Serta jajaran Forkopimda menghadiri pemberian remisi, pada ratusan napi di rutan kelas II B Situbondo dalam rangka HUT RI ke 77 tahun 2022. Rabu (17/8/2022).

Tomy Elyus Kepala rutan Situbondo menerangkan bahwa hari ini, pihaknya di momen HUT Kemerdekaan Republik Indonesia ke 77 merasa bersyukur, bisa memperjuangkan permohonan remisi para napi dan berhasil lolos sebanyak 168 napi.

“Kami untuk tahun ini mengajukan remisi sebanyak 172 dari 350 napi yang ada di rutan kelas II B ini, dan turun SK nya sejumlah 168 napi dengan rincian 164 pria dan 4 orang wanita. Dari sejumlah itu ada 3 orang hari ini ada yang langsung bebas “, terang Tomy Elyus.

Untuk yang 3 orang tersebut itu berbeda kasus, satu orang kasus narkoba, satu orang kasus pemalsuan dokumen (378) dan kasus tindak pidana ringan, jelasnya.

“Alhamdulillah tadi juga Bupati Situbondo Drs H Karna Suswandi, MM juga memberikan bantuan uang tunai, pada 3 orang napi yang mendapat remisi bebas. Untuk napi yang lain, remisi yang di dapat berkisar dua bulan sampai 5 lima bulan,” ungkapnya.

Bupati
Wakil Bupati Situbondo, Nyai Hj Khoirani, S.Pd.MH secara simbolis menyerahkan remisi pada salah satu napi wanita.

Sementara itu Bupati Situbondo Drs H Karna Suswandi yang akrab di panggil Bung Karna menjelaskan, jika pemberian remisi itu merupakan reward dari kepala rutan, pada para napi yang di ajukan remisinya.

“Reward tersebut merupakan hasil evaluasi dari pembinaan, yang di lakukan oleh pihak rutan pada para napi,” terangnya.

Menurut Bupati, selama para napi bisa melewati pembinaan dengan disiplin yang tinggi, dan bisa merubah sikap dan prilakunya, maka Kepala rutan akan mengusulkan remisi yang bersangkutan.

“Pemerintah Daerah, akan terus mendukung program Rutan Situbondo. Hal ini kami telah membuktikan di beberapa hari lalu melalui Disnaker, telah mengadakan pembinaan berupa keterampilan perbengkelan,” tuturnya.

Untuk itu kami berharap agar ilmu keterampilan yang telah di dapat para napi, kelak apabila telah keluar agar bisa mempraktekkan, sebagai bekal menjalani kehidupannya yang baru.

Di akhir acara Bupati Situbondo Drs H Karna Suswandi, MM dan wabub Nyai Hj Khoirani secara simbolis memberikan remisi pada keempat orang Narapidana.

Tinggalkan Balasan