Akibat Curah Hujan Tinggi, Akses Jalan dan Ratusan Rumah Terendam Banjir

Hujan
Akibat curah hujan, ratusan rumah warga terendam banjir.

Dapurrakyatnews, – Akibat curah hujan dengan intensitas tinggi, menyebabkan sejumlah kawasan seperti Nagari Gantiang Mudiak Utara, Kecamatan Sutera dan Nagari Tluk Ampalu, Kecamatan Pancung Soal, Kabupaten Pesisir Selatan terendam banjir dan longsor.

Hal tersebut disampaikan Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Pesisir Selatan, Defrisiswardi. Ia mengatakan, banjir diketahui terjadi pada Jumat (19/1/2024) sekira pukul 23.00 Wib dan mendapatkan informasi banjir dan longsor Sabtu (20/01) sekira pukul 14.00 Wib

“Akibat banjir dan longsor di Nagari Gantiang Mudiak Utara, menyebabkan terputusnya akses jalan dan menutup 5 badan jalan di lima titik di wilayah tersebut,” ungkap Defri dalam Laporannya, Sabtu (20/01) malam.

Hujan

Kemudian, Lanjut Defri, Banjir terparah terjadi di Nagari Tluk Ampalu, Kecamatan Pancung Soal akibat meluapnya sungai Batang Inderapura.

“Banjir ini akibat kiriman dari Sungai Batang Tapan yang meluap Beberapa hari belakangan,” terangnya.

Ia menyebutkan, pihaknya bersama petugas gabungan sudah melakukan asesmen dan evakuasi terhadap masyarakat terdampak banjir.

“Saat itu ketinggian air mencapai 60 sampai 100 cm. Akibat banjir tersebut sekitar 120 unit rumah warga terendam air. Namun kondisi terakhir air sudah mulai surut,” jelasnya.

Tinggalkan Balasan