Waspada Terhadap Potensi Manipulasi Surat Suara pada Pemilu 2024

Pemilu

Dapurrakyatnews – Sebagai tips pada hari pencoblosan 14 Februari 2024, bukalah surat suara di depan petugas PPS untuk memeriksa kondisinya secara teliti. Khususnya perhatikan lembar surat suara untuk memilih Presiden & Wakil Presiden di meja petugas.

Jangan  buka Surat Suara di Bilik Suara

Hal tersebut sebagai langkah ansipatif jika ada oknum petugas penyelenggaraan Pemilu nakal yang telah menandai surat suara tersebut, saat memberikannya kepada pemilih, mungkin dengan cara membuat bolong kecil menggunakan kuku atau alat lainnya. Ini dapat membuat surat suara dianggap tidak sah saat penghitungan nanti.

Jika terjadi hal tersebut, segera laporkan kepada petugas yang memberikan surat suara dan berikan pertanggungjawabannya. Laporkan juga kepada perwakilan Bawaslu atau aparat keamanan/polri di TPS tersebut. Selanjutnya, minta surat suara pengganti dan pastikan diperiksa dengan teliti oleh petugas PPS dan saksi sebelum masuk ke bilik suara.

Protes akan ditolak setelah masuk ke bilik suara, jadi pastikan untuk membuka surat suara di depan panitia/PPS dan saksi sebelum memasuki bilik suara.

Mohon sebarkan informasi ini sebagai langkah antisipasi, terhadap oknum/kelompok yang tidak bertanggungjawab. Semoga Pemilu 2024 berjalan dengan jujur. Aamiin.

Tinggalkan Balasan