Semangat Harkitnas dapat Mewujudkan Kehidupan Bangsa yang Terhormat dan Bermartabat

Harkitnas
Bupati Sumenep Achmad Fauzi, SH, MH, saat menjadi Inspektur upacara memperingati hari kebangkitan nasional. Senin (22/5/2023).

Dapurrakyatnews – Pemerintah Kabupaten Sumenep melaksanakan upacara bendera, untuk memperingati Harkitnas Hari Kebangkitan Nasional yang ke 115. yang dilaksanakan di halaman kantor Bupati Sumenep, Jawa Timur. Senin (22/5/2023)

Bupati Sumenep Achmad Fauzi, SH, MH, yang bertindak sebagai Inspektur upacara memperingati Harkitnas dalam sambutannya berharap dengan momentum peringatan Harkitnas akan memacu kita untuk semakin menguatkan tekat dalam meningkatkan kualitas SDM demi kemajuan masyarakat Sumenep.

“Dengan tema semangat untuk bangkit melambangkan nilai nilai semangat dan kekuatan untuk bangkit menuju masa depan Indonesia yang lebih baik,” kata Bupati.

Harkitnas
Bupati Sumenep bersama wakil Bupati Sumenep saat sesi foto dengan peserta upacara hari kebangkitan nasional.

Peringatan hari kebangkitan nasional tahun ini hendaknya kita maknai secara lebih dalam dengan disertai keinginan untuk memahami esensi sejarah. Dengan kebangkitan nasional, mari sejenak kita telaah sisi historis dibalik peringatan hari kebangkitan nasional.

“Bara persatuan Indonesia sebagai negara dimulai dengan meleburnya bebagai gerakan perjuangan yang bersifat kedaerahan menjadi satu barisan yang utuh dengan didirikannya Boedi Oetomo pada tanggal 20 Mei 1908,” Ujarnya.

Boedi Oetomo berdiri untuk mendorong bangsa Indonesia mengejar ketertinggalan dari bangsa lain pada masa itu. Boedi Oetomo juga melancarkan dirinya untuk mengejar 3 tujuan yang menjadi cita cita utama kebangkitan nasional. Memerdekakan cita cita kemanusiaan, memajukan nusa dan bangsa, serta mewujudkan kehidupan bangsa yang terhormat dan bermartabat di mata Dunia.

“Tugas kita saat ini merapatkan barisan perjuangan harus tetap rapat, erat dan terus maju bergerak mengobarkan api semangat untuk bangkit demi mewujudkan Indonesia emas 2045,” imbuhnya.

Harkitnas kita maknai dengan memperingati perjuangan bersama, baik pemerintah pusat, Pemerintah Daerah, Sektor Swasta, Akademisi, Pers, Komunitas dan seluruh elemen bangsa saling bahu membahu berkolaborasi menerapkan nilai persatuan serta kesatuan, dalam mewujudkan kebangkitan bangsa kita dari berbagai krisis global, baik kesehatan, perekonomian, hingga geopolitik sekalipun.

“Oleh karena itu, dengan semangat yang sama pula, kami mengajak seluruh komponen masyarakat untuk terus mempertahankan bara api semangat kebangkitan nasional, sembari merapatkan barisan perjuangan kita dengan cerdas, juga kerja bersama demi kemandirian dan kemajuan bangsa yang berkelanjutan,” pungkasnya.

Turut hadir dalam pelaksanaan upacara memperingati Harkitnas Wakil Bupati Sumenep Dewi Kholifah, Wakapolres Sumenep, Kodim Sumenep, Sekretaris Daerah, kepala Organisasi Perangkat daerah, camat se Kabupaten Sumenep dan ASN di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Sumenep.

Tinggalkan Balasan