Nelayan Situbondo Tewas Tertusuk Ikan Marlin Tangkapannya

Nelayan
Halil, nelayan yang tertusuk ikan Marlin hasil tangkapannya saat akan dikebumikan di pemakaman umum.

Dapurrakyatnews – Seorang nelayan tewas saat melaut akibat disambar ikan marlin berukuran besar, dengan berat diperkirakan mencapai hampir 100 kg. Peristiwa naas tersebut menimpa Holil (40) warga Kecamatan Jangkar, kabupaten Situbondo, Jawa Timur.

Kejadian naas tersebut berawal saat korban mencari ikan bersama rekan nya, di perairan laut mimba, kecamatan Banyuputih, Kabupaten Situbondo, Jawa Timur. Moncong ikan marlin yang berhasil mereka tangkap, tepat mengenai lehar korban hingga tewas diatas perahu.

Kepala Kepolisian Sektor (Kapolsek) Jangkar, AKP Budiarto mengatakan, awalnya, sekitar pukul 3.00 WIB, korban bersama temannya, Pak Titin, berangkat melaut menggunakan perahu ke Perairan Mimba.

Nelayan
Ikan Marlin tangkapan dari mendiang Halil.

Tiba di Perairan Mimba, kedua nelayan itu melepas pancing ke laut. Setelah itu, pancing milik korban disambar ikan marlin berukuran cukup besar. Setelah sekitar setengah jam bertahan, ikan marlin menjadi lemas dan korban menarik ikan tersebut ke permukaan.

“Melihat ikannya muncul dipermukaan laut, korban sempat diperingati temanya agar tidak melihat ke air karena berbahaya,” kata Budiarto, dikutip dari Kompas.com.

Sementara Iptu Achmad Sutrisno Kasi Humas Polres Situbondo mengatakan, jika kemungkinan kejadian tersebut berawal ketidaktahuan jenis ikan yang ia dapat, jenis predator.

“Maka saat mengambil tangkapannya tersebut, tidak dengan hati hati,” terangnya. Dikutip dari seputar Inews. Kamis (6/10/2022).

Korban Holil telah dimakamkan di pemakaman umum dekat dengan rumahnya, untuk mengantisipasi kejadian serupa petugas Polisi Airud akan melakukan sosialisasi, cara menangkap ikan marlin dan ikan predator lainnya, kepada nelayan dan pemancing.

 

Tinggalkan Balasan