Pemerintah Kabupaten Sumenep Menggelar Upacara Bendera dalam Rangka Memperingati Hari Lahir Pancasila

Upacara

Dapurrakyatnews – Pemerintah Kabupaten Sumenep menggelar upacara bendera, dalam rangka memperingati Hari Lahir Pancasila Tahun 2023, yang diperingati setiap tanggal 1 Juni, yang tahun ini mengusung tema Gotong Royong Membangun Peradaban dan Pertumbuhan Global. Kamis (1/6/2023)

Bertindak sebagai pemimpin upacara Bupati Sumenep Achmad Fauzi, dan sebagai Komandan upacara Kapten Inf Nanang Fadhori Dan Ramil kota Sumenep, yang dilaksanakan di Kantor Bupati jalan DR. Cipto No.33 Desa Kolor, Kecamatan Kota Sumenep, Kabupaten Sumenep, Jawa Timur.

“Momentum peringatan hari lahir Pancasila ini akan menjadi motivasi kita agar semakin menguatkan tekat dalam satu persepsi ideologis untuk melaksanakan pembangunan di Kabupaten Sumenep,” kata Bupati Sumenep.

Upacara
Dalam Upacara bendera hari kelahiran Pancasila, Bupati Sumenep juga menyerahkan bantuan mobil kepada MUI Majelis Ulama Indonesia Kabupaten Sumenep

Peringatan hari lahir Pancasila yang dilaksanakan setiap tanggal 1 Juni ini, harus benar-benar kita manfaatkan untuk mengokohkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

“Walaupun Pancasila telah menyatu dalam kehidupan kita sepanjang Republik Indonesia ini berdiri, namun tantangan yang dihadapi Pancasila, tidaklah semakin ringan. Globalisasi dan interaksi antar belahan dunia, tidak serta merta meningkatkqn kesamaan pandangan dan kebersamaan,” ujar Bupati.

Saat ini, ideologi transnasional cenderung semakin meningkat memasuki berbagai lini kehidupan masyarakat, dengan berbagai cara dan berbagai strategi. teknologi juga mempengaruhi lanskap kontestasi ideologi. Revolusi Industri 4.0 telah menyediakan berbagai kemudahan dalam berdialog, perkembangan ilmu pengetahuan dalam berinteraksi dan berorganisasi dalam skala besar lintas negara.

Upacara
Jajaran Aparatur Sipil Negara terlihat hikmad mengikuti rangkaian prosesi upacara bendara memperingati hari kelahiran Pancasila.

“Untuk menghadapi semua ini, perluasan dan pendalaman nilai-nilai Pancasila tidak bisa dilakukan dengan cara-cara biasa. Diperlukan cara cara baru yang luar biasa, memanfaatkan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, terutama revolusi Industri 4.0. Sekaligus Pancasila harus menjadi fondasi dalam mengembangkan ilmu pengetahuan, dan teknologi keindonesiaan,” terangnya.

Karena itu, saya mengajak kepada seluruh aparat pemerintah, tokoh agama, tokoh masyarakat, para pendidik kaum profesional, para generasi muda untuk bersatu padu dan bergerak aktif memperkokoh nilai-nilai Pancasila dalam mewujudkan Indonesia maju yang kita cita- citakan.

“Selamat memperingati hari lahir Pancasila, selamat membumikan Pancasila dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara,” tutup Bupati Achmad Fauzi mengakhiri sambutannya.

Turut hadir Wakil Bupati Sumenep, anggota Forkopimda Sumenep, Sekretaris Daerah Kabupaten Sumenep, Asisten Sekda dan Staf Ahli, Pimpinan OPD, Kepala Bagian dan Camat, Ketua Penggerak PKK dan Ketua Dharma Wanita persatuan Kabupaten Sumenep dan Insan Pendidikan,

Tinggalkan Balasan