Akibat Sengketa Pilkada di MK, Pelantikan Bupati/Walikota Diundur

Akibat Sengketa Pilkada di MK, Pelantikan Bupati/Walikota Diundur

SURABAYA, DapurRakyatNews – Sengketa Pilkada di Mahkamah Konstitusi (MK) yang masih belum tuntas, mengakibatkan pelantikan Bupati dan wakil Bupati Sumenep terpilih Ach Fauzi, SH., MH dan Dewi Khalifah, SH., MH., M.Pd.I sebagai wakilnya ditunda. Dikarenakan ada 3 Pilkada yang masih proses sengketa di MK, yakni Pilkada Kota Surabaya, Pilkada Banyuwangi, dan Pilkada Lamongan, selasa (16/2/2021).

Penundaan pelantikan bukan hanya untuk Kabupaten Sumenep, namun berlaku juga bagi 15 Bupati/Wali Kota terpilih lainnya, Diketahui, di Jatim ada 19 Pilkada Serentak. Yakni di Kota Surabaya, Sidoarjo, Gresik, Lamongan, Kota Pasuruan, Tuban, Sumenep, Kota Blitar, Blitar, Banyuwangi, Jember, Pacitan, Mojokerto, Ponorogo, Ngawi, Trenggalek, Kediri, Malang dan Situbondo.

Seperti yang disampaikan oleh Kepala Biro Administrasi Pemerintahan dan Otonomi Daerah Sekretaris Daerah Pemprov Jawa Timur, Jempin Marbun kepada awak media.

“Diundur karena menunggu putusan dismissal MK terhadap sengketa Pilkada, juga berlaku untuk Pilkada yang tidak bersengketa,” katanya.

“Hari ini (15/2/2021) kami sudah melakukan rapat video conference dengan kementrian Dalam Negeri dan mendapatkan petunjuk dari hasil rapat tersebut untuk menunda pelantikan sampai dengan akhir Februari,” ujarnya

“Pelantikan akan dilangsungkan selambatnya akhir Februari ini. “Diundur sampai akhir bulan, tanggalnya belum pasti. Tapi akhir bulan lah. Kecuali Pacitan dan Tuban yang masih sekitar April atau Mei pelantikannya. Karena masa jabatan kepala daerahnya habis di bulan itu,” imbuhnya

Ach Fauzi dan Dewi Khalifah yang harusnya dilantik pada hari Rabu (17/2/2021) menjadi Bupati dan Wakil Bupati Sumenep, sepertinya harus lebih bersabar dengan adanya pengunduran jadwal pelantikan tersebut sampai dengan akhir Februari 2021.

Baca Juga: Ketua J.P.K.P Sumenep; Janji Politik Hukumnya Wajib di Penuhi 

Reporter: Enno Sapsup
Editor: Team J.P.K.P
Publisher: Pemred
Salam Perjuangan Tanpa Batas

Respon (1)

Tinggalkan Balasan