Berita  

LSM Penjara Indonesia kembali Menyoroti Proyek Drainase Milik DPUPP Situbondo

LSM
Ghafur anggota DPC LSM Penjara Indonesia Situbondo

Dapurrakyatnews – LSM Penjara Indonesia cabang Kabupaten Situbondo, kembali menyoroti pekerjaan Drainase atau saluran air yang terletak di Desa Pesanggrahan, Kecamatan Jangkar, Kabupaten Situbondo, Jawa Timur.

Pasalnya menurut LSM Penjara Indonesia Situbondo, pekerjaan drainase milik Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Permukiman (DPUPP) Situbondo, yang dikerjakan oleh salah satu rekanan tersebut, diduga tidak sesuai dengan spesifikasi tehnis.

Ghafur anggota DPC LSM Penjara Indonesia Situbondo, menyampaikan jika pekerjaan drainase tersebut bahan baku material yang digunakan pada pekerjaan, diduga tidak sesuai spesifikasi tehnis.

“Saat di lokasi, kami menemukan banyak kejanggalan, terutama banyaknya batu padas baik yang sudah digunakan ataupun yang masih belum dipasang,” kata Ghafur.

Selain itu menurut Ghafur dirinya memang melihat adanya alat pengadukan bahan material seperti Molen atau Concrete Mixer, namun anehnya, para pekerja melakukan pengadukan bahan material secara manual.

“Apakah Molen itu hanya mau dijadikan pajangan atau hiasan saja,” ucap Ghafur kepada awak media. Rabu (12/6/2024).

LSM
Papan nama di lokasi pekerjaan.

Selain itu, fakta di lapangan terlihat para pekerja tidak dilengkapi dengan Alat Pelindung Diri (APD), sebagaimana ketentuan Peraturan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Nomor 8 Tahun 2010 tentang APD.

“Harusnya, pihak kontraktor atau pelaksana proyek mematuhi aturan tersebut, sebagai upaya meminimalisir resiko kepada pekerja,” ujarnya.

Untuk itu pihaknya berharap, agar pihak terkait dalam hal ini DPUPP Situbondo, untuk turun ke lokasi pekerjaan dalam rangka pengawasan terhadap uang rakyat.

“Saya juga berharap dinas terkait untuk lebih intens melakukan pengawasan, agar pekerjaan tersebut dapat bermanfaat dan dinikmati masyarakat, dalam jangka waktu yang panjang,” ungkapnya.

Sementara itu, pewarta mencoba melakukan konfirmasi kepada Kepala Bidang Ciptakan Karya di DPUPP Situbondo, guna meminta tanggapan atas keluhan dari LSM Penjara Indonesia Situbondo.

Namun sampai sore hari 15.00 Wib (13/6), pewarta kembali gagal menemui pejabat tersebut, dan menurut salah satu stafnya di bidang IMB, yang bersangkutan saat ini sedang berada di lapangan. Kamis (13/6/2024).

Sebagai tambahan informasi, pekerja proyek drainase tersebut oleh DPUPP Situbondo, dianggarkan dari Dana Alokasi Umum (DAU) dengan anggaran sebesar Rp. 184.981.811.

Tinggalkan Balasan