Berita  

Kontes Sapi Perdana, Bupati Situbondo Katakan Akan Jadikan Event Tahunan

Kontes
Bupati Situbondo, Karna Suswandi photo bersama dengan pemilik sapi juara pertama.

Dapurrakyatnews – Pemerintah Kabupaten Situbondo melalui Dinas Peternakan dan Perikanan, menggelar event kontes Sapi Perdana tahun 2023. Kontes tersebut diikuti oleh 126 sapi dan dihadiri langsung oleh Bupati Situbondo, Karna Suswandi bersama wabub Nyai Hj Khoirani. Rabu (31/5/2023).

Di event Kontes Sapi tersebut, Barong, sapi milik H. Aji Zakiya berhasil meraih juara satu, pada kontes ternak tahun 2023 dengan katagori kereman ekstrem. Sapi jenis limosin tersebut memiliki bobot 1 ton 56 kilogram.

Kontes
Bupati Situbondo Karna Suswandi memberikan penghargaan pada juara umum yaitu Camat Kapongan.

Bupati Situbondo, yang akrab disapa Bung Karna, mengapresiasi event Kontes Sapi yang digelar oleh Dinas Peternakan dan Perikanan. Antusias para peternak dalam mengikuti event tersebut, membuat Bung Karna berencana akan menggelar tiap tahun.

“Melihat anemo masyarakat, khususnya para peternak dalam mengikuti event ini, saya akan agendakan event Kontes Sapi ini tiap tahun,” kata Bung Karna.

Berarti event ini, lanjutnya, bisa di terima oleh masyarakat peternak dan petani. Dengan event ini juga bisa meningkatkan semangat peternak, untuk lebih semangat dalam mengelola ternaknya, dan event ini pula bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

“Selain itu, melalui event Kontes Sapi 2023 ini, semua bisa terlihat jelas bahwa di Kota Santri Pancasila ini termasuk populasi terbesar, untuk hewan jenis sapi, dan di Indonesia populasi sapi terbesar di raih Jawa Timur. Jadi, masyarakat tidak perlu khawatir tentang ketersediaan stok Sapi dalam menghadapi Hari Raya Idul Adha mendatang,” terangnya

Lebih jauh Bung Karna merasa sangat bersyukur, karena Event Kontes Sapi 2023 berjalan dengan lancar. Sebab salah satu kota di Jawa Timur yang berani menggelar event Kontes Sapi pasca merebaknya PMK pada sapi, baru Kota Situbondo yang menggelar.

“Ini menandakan, kota Situbondo sudah zero dari Penyakit Mata dan Kuku (PMK) pada Sapi,” tutupnya.

Kontes

Di tempat yang sama, H. Aji Zakiya pemilik Sapi yang meraih juara ke 1 menyampaikan, Barong (nama sapi) sudah tiga kali mengikuti kontes ternak. “Pertama, kontes ternak di Jember juara harapan lima katagori calon kereman. Kemudian juara satu, kontes sapi di Pasar Sabtuan, Sumberkolak katagori calon kereman. Ketiga, alhamdulillah bisa juara satu kontes ternak di Situbondo kelas kereman ekstrem,” ujarnya

Lebih lanjut, pria asal Desa Mojosari, Kecamatan Asembagus ini menjelaskan, Barong pernah terpapar penyakit mulut dan kuku (PMK). “ Ya pernah kenak PMK hampir empat bulanan. Alhamdulillah bisa sembuh, sehingga bisa ikut kontes ternak lagi,” tambahnya.

Sapi berusia 3,5 tahun tersebut, kata H. Aji Zakiya diberi makan dua kali sehari. Yakni pagi dan sore hari, serta dimandikan minimal satu kali dalam seminggu,’ pungkasnya.

Usai memenangkan lomba, H. Aji Zakiya pun langsung menjualnya dengan membuka harga Rp180 juta.

Tinggalkan Balasan