Berita  

Hippa Hitam Manis dapat Kunjungan dari Tim Visitasi dan Penilai Lomba HIPPA

Hippa
Tampak Ketua Tim Visitasi dan Penilai Lomba HIPPA, Rase Rante Nademme di dampingi Kepala DPUPP, Eko Prionggo Jati Meninjau Hasil Panen Palawija dan Kantor HIPPA Hitam Manis

Dapurrakyatnews –  Ketua Tim Visitasi dan Penilai Lomba Himpunan Patani Pemakai Air (HIPPA) Tingkat 1 Provinsi Jawa Timur tahun 2023, Rase Rante Nademme, bersama rombongan mengunjungi HIPPA Hitam Manis di Desa Duwet, Kecamatan Panarukan, Kabupaten Situbondo, Jawa Timur.

Sebelum berkunjung ke Desa Duwet, Tim Visitasi dan rombongan di terima oleh Bupati Situbondo H Karna Suswandi di Pendopo Aryo Situbondo. Kedatangan mereka dalam melakukan penilaian dan pengecekan langsung ke Desa Duwet, sebagai rangkaian acara Lomba Hippa tingkat Provinsi Jawa Timur 2023. Kamis  (23/11/2023).

Selanjutnya, Tim Visitasi dan Penilai Lomba HIPPA Tingkat 1 Provinsi Jawa Timur Tahun 2023 bergerak menuju Kantor Desa Duwet, dan diterima langsung oleh Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan, Pemukiman (DPUPP) Eko Prionggo Jati dan Kades Duwet Candra serta ketua HIPPA Hitam Manis di Kantor Desa Duwet, Kecamatan Panarukan.

Hippa
Ketua Tim Visitasi dan Penilai Lomba HIPPA, Rase Rante Nademme sedang Menyampaikan arahan

Rase Rante Nademme, Ketua Tim Visitasi dan Penilai Lomba HIPPA Tingkat 1 Provinsi Jawa Timur menyampaikan, visitasi lapangan di HIPPA Hitam Manis ini merupakan penilaian lanjutan, dari rangkaian lomba sebelum di Provinsi. Saat itu secara administrasi, HIPPA Hitam manis berhasil meraih 5 besar.

“Tadi kami telah mengunjungi sekretariat, melihat pembukuan seluruh pengeluaran, pemasukan dan kelembagaannya. Itu kami cek semuanya,” kata Rase saat di konfirmasi.

HIPPA Hitam Manis telah mengirim seluruh berkas lomba HIPPA Tingkat 1 Provinsi Jawa Timur Tahun 2023 ke Dinas Pekerjaan Umum Sumber Daya Air (DPU SDA).

“Untuk itu kami ke sini untuk mengecek kebenarannya. Setelah itu, kami akan ke lapangan melihat bagaimana pembagian airnya bagaimana,” imbuhnya.

Rase Rante Nademme, Kabid Bina Manfaat DPU SDA Provinsi Jatim ini menekankan, sebagai pengurus HIPPA, selain bisa melakukan pembagian air secara benar, namun yang lebih penting dari itu adalah bagaimana dengan adanya HIPPA Hitam Manis ini bisa meningkatkan produktifitas pertanian di Desa Duwet.

“Selain itu harus ada inovasi. Jadi kalau bisa bukan hanya padi, tetapi harus ada palawija dan sebagainya,” tegasnya.

Lebih jauh Rase juga menyampaikan, HIPPA Hitam Manis juga perlu membuat inovasi lainnya. Seperti pembuatan pupuk organik dan menciptakan bibit unggul. Sehingga ada peningkatan produktifitas pertanian. Karena HIPPA ini bukan masalah pembagian air saja, tapi lebih dari itu.

Hippa
Kepala DPUPP Situbondo, Eko Prionggo Jati Sedang Memberikan Ucapan Selamat datang pada tim juri.

Ia mengungkapkan bahwa setelah melakukan visitasi lapangan ke HIPPA Hitam Manis, pihaknya akan melakukan visitasi lapangan ke beberapa HIPPA di Provinsi Jawa Timur.

“Maka usai acara ini kami mohon pamit untuk kembali ke Surabaya, karena masih ada beberapa tempat lagi. Masih ada Jombang, Bojonegoro dan Magetan. Masih ada yang perlu kami bandingkan dengan HIPPA Hitam Manis,” pungkasnya.

Sementara itu, Plt Kepala Dinas PUPP Situbondo, Eko Prionggo Jati mengucapkan banyak terima kasih, atas kehadiran tim visitasi dan penilai lomba HIPPA Jatim. Dengan berbagai persiapan yang matang, HIPPA Hitam Manis optimis bisa meriah juara satu Lomba HIPPA Tingkat 1 Provinsi Jawa Timur Tahun 2023.

“Untuk menjadi juara, Kabupaten Situbondo siap dan HIPPA Hitam manis Hebat ” tutupnya

Tinggalkan Balasan