Dianggap Mampu Turunkan Angka Stunting, Bupati Naikkan Insentif Kader Posyandu

Posyandu
Bupati Karna Suswandi dan Wakil Bupati Situbondo, Nyai Hj Khoirani, saat menyerahkan secara simbolis insentif kader Posyandu pada penerima

Dapurrakyatnews – Bupati Situbondo Karna Suswandi menaikkan dana insentif bagi 6.698 Kader Posyandu Balita dan Lansia, yang sebelumnya 250.000 pertahun menjadi 500.000 pertahun.

Bupati Karna Suswandi menegaskan, kenaikan insentif tersebut sangatlah wajar, juga sebagai bentuk apresiasi pemerintah daerah sebab kader Posyandu Balita menjadi ujung tombak penurunan angka stunting, atau gagal tumbuh di Kabupaten Situbondo.

Bupati juga menjelaskan bahwa Kader Posyandu itu memiliki tanggungjawab yang sangat besar. Mulai dari menjaga kesehatan masyarakat, seperti , ibu hamil, Balita, sehingga mampu menurunkan Stunting.

“Selain berhasil menurunkan angka stunting di Kabupaten Situbondo. Prevalensi Stunting kita turun sangat drastis, yakni 26,8 persen. Jadi dari 30,9 persen menjadi 4,1 persen, ini sungguh luar biasa,” kata Bupati Situbondo. Minggu (9/6/2024).

Posyandu

Dengan adanya kenaikan insentif Bupati  berharap kepada Kader Posyandu Balita, semakin bersemangat dalam menurunkan angka stunting di Kabupaten Situbondo.

“Pemerintah Daerah Situbondo tentu akan terus mensupport penurunan angka stunting ini, dengan berbagai program. Seperti Pemberian Makanan Tambahan (PMT) untuk Balita, pemeriksaan ibu hamil, melalui pemeriksaan Balita itu lah merupakan kegiatan-kegiatan yang mendukung upaya penurunan stunting,” tutupnya

Sementara itu, Kepala Dinkes Kabupaten Situbondo, dr. Sandy Hendrayono,  menyampaikan, perlu kerjasama dari semua pihak untuk menurunkan angka stunting di Kabupaten Situbondo. Salah satunya dari peran serta kader Posyandu Balita.

“Karena masalah stunting ini penanganannya dari hulu ke hilir. Mulai dari remaja putri, pra-nikah, nikah, ibu hamil, dan Balita,” ungkapnya.

Sehingga pekerjaan menurunkan stunting itu tidak secepat yang kita bayangkan. Oleh karena itu, peran kader Posyandu ini sangatlah penting.

“Peran kader Posyandu itu tidak hanya menurunkan angka stunting, namun kader Posyandu juga berperan membantu tenaga medis saat pelaksanaan Posyandu di berbagai desa/kota,” pungkasnya.

Sebagai informasi, Bupati Karna Suswandi dan Wabup Nyai Khoirani akan menyalurkan secara langsung insentif kader Posyandu Balita dan Lansia se-Kabupaten Situbondo. Penyaluran tersebut akan dimulai pada hari Senin, 10 Juni hingga Minggu, 30 Juni 2024.

Tinggalkan Balasan